Sejarah Desa

Diposkan Oleh : RIKO ANDESTA | Tanggal : 26 Agustus 2016 15:38:09

Sebelum Tahun 2004 Kenagarian Tapan, merupakan wilayah Kecamatan Pancung Soal. Dan setelah pemekaran kecamatan, nagari Tapan merupakan wilayah kecamatan yaitu Basa Ampek Balai Tapan. Nagari ini mencakup Satu wilayah Kecamatan yang terdiri dari 20 Kampung.

 

Pada Tahun 2009 Nagari ini mengalami Pemekaran Wilayah Kenagarian yang menjadi 8 Nagari, Kemudian pada Tahun 2011 terjadi Pemekaran lagi. Menurut Perda No :........... Sebanyak 12 Nagari baru di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Sehingga sekarang Nagari Tapan pada Akhir Tahun 2011 berjumlah 20 Nagari. Nagari ini menjadi Nagari Induk  didalam  Pengurusan Administrasi selama Tahun 2011. melakukan pemekaran lagi menjadi 4 Nagari yang terdiri dari : Nagari Koto Enau Tapan, Nagari Dusun Baru Tapan, Nagari Tanjung Pondok Tapan dan Nagari Tapan sebagai Nagari induk. Khusus Nagari Tapan terdiri dari 2 Kampung yaitu : Kampung Alang Rambah dan Kampung Serdang berpenduduk terbanyak dari Nagari lainnya.

 

Menurut Sejarah Nama Nagari Tapan berasal dari  kata Tampan yang berarti Tempat yang indah, Kata Tampan disebut Tepan , karena kebiasaan Masyarakat mengucapkan kata selalu menghilangkan huruf tengahnya. Kemudian kata Tepan ini berkembang menjadi Tapan.

 

 Nagari ini adalah Nagari Induk dari 4 nagari Kenagarian di Kecamatan Basa Ampek Balai, namun masyarakat pernah mengusulkan perubahan Nama Nagari menjadi Nagari Lubuk Limbungan. Tapi kondisi Nagari ini berada dipusat ibu kota kecamatan, maka perubahan nama itu terkendala oleh Undang – Undang yang menyatakan “Apabila Pemekaran sebuah Nagari harus ada salah satu Nagari itu menjadi Nagari Induk “.

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Desa Senggigi yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
Isikan kode di gambar